Jumat, 09 November 2012

MAKALAH PEMANFAATAN ROBOT


TUGAS TIK
PEMANFAATAN ROBOT 



Disusun oleh
Ikhwan Tri Kuncoro
15 / XI IPA 3
SMA NEGERI 2 UNGARAN
2012 /2013



KATA PENGANTAR
          Puji syukur penulis penjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas rahmat-Nya maka penulis dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “Pemanfaatan Robot”. Penulisan makalah adalah merupakan salah satu tugas mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Dalam penulisan makalah ini, penulis menjelaskan tentang robot.
Dalam penulisan makalah ini penulis juga merasa masih banyak kekurangan-kekurangan baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Demikian makalah ini penulis buat dengan sungguh-sungguh, semoga isi dari makalah ini sangat bermanfaat.
                                                                                   Kab. Semarang, 5 Oktober 2012

                                                                                         
                                                                                                              Ikhwan Tri Kuncoro




DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
A.   Latar Belakang......................................................................................................
B.   Perumusan Masalah...............................................................................................
C.   Tujuan...................................................................................................................
BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Robot..................................................................................................
B.      Jenis-jenis Robot..................................................................................................
C.      Cara Kerja Robot................................................................................................
D.      Manfaat Robot....................................................................................................
BAB III
A.       Kesimpulan........................................................................................................
B.    Saran.................................................................................................................
C.    Penutup.............................................................................................................

DAFTAR PUSTAKA

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Di zaman yang semakin modern ini, kegiatan manusia akan kebutuhan hidup semakin padat, khususnya pada bidang teknologi. Dan untuk menunjang kebutuhan hidup yang semakin tinggi, tentunya manusia akan bekerja sangat keras. Untuk mengatasi masalah itu, manusia menciptakan robot untuk membantu dan menggantikan kinerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi dan mengurangi bahkan menghilangkan risiko kecelakaan yang cukup tinggi jika manusia melakukan suatu pekerjaan.
Perkembangan tentang dunia robot saat ini sangatlah pesat, seperti robot industry dan robot service. Robot-robot ini sering digunakan untuk membantu proses produksi di pabrik-pabrik dalam proses kegiatan industrinya. Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, pembicaraan seputar robot tidak hanya seputar dunia industry namun sudah melingkup ke dunia yang lebih luas seperti dunia medis, pekerjaan rumah tangga, dan lain sebagainya.
Sebagai contoh pada pabrik pembuatan mobil, mobil-mobil yang dibuat tidak akan memiliki kepresisian yang tinggi jika proses pengerjaannya dilakukan oleh manusia, karena manusia memiliki rasa lelah jika bekerja secara terus menerus dan pada saat lelah ketelitian pekerjaan yang dilakukan dapat berkurang. Lain halnya jika pekerjaan tersebut dilakukan oleh robot, mobil-mobil yang dibuat akan memiliki kepresisian cukup baik selain waktu yang diperlukan untuk proses pembuatan akan relatif lebih cepat jika pekerjaan tersebut dilakukan oleh tangan manusia.
Contoh lain tim gegana yang bekerja menjinakan bom jika tidak berhati-hati maka bom bisa meledak dan melukai bahkan membunuhnya tetapi jika pekerjaan digantikan oleh robot, pekerjaan itu tidak terlalu berbahaya bagi manusia. Untuk itu, robot sangatlah berpengaruh bagi aktivitas atau kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup maupun membantu menyelesaikan suatu pekerjaan.












B.      Perumusan Masalah
        Berdasarkan latar belakang yang diuraikan, maka penulis merumuskan masalah yang terjadi sebagai berikut :
1.       Apakah robot dapat mengatasi kesulitan manusia dalam bekerja?
2.       Apa saja manfaat dari penggunaan robot?

C.      Tujuan
1.       Memberikan pengetahuan tentang robot
2.       Mengetahui  jenis-jenis robot
3.       Mengetahui manfaat-manfaat robot












BAB II
PEMBAHASAN
A.      Pengertian Robot
                Robot berasal dari kata “robota” yang dalam bahasa Ceko yang berarti budak, pekerja atau kuli. Pertama kali kata “robota” diperkenalkan oleh Karel Capek dalam sebuah pentas sandiwara pada tahun 1921 yang berjudul RUR (Rossum’s Universal Robot). Pentas ini mengisahkan mesin yang menyerupai manusia yang dapat bekerja tanpa lelah yang kemudian memberontak dan menguasai manusia (Gambar 1). Istilah “robot” ini kemudian mulai terkenal dan digunakan untuk menggantikan istilah yang dikenal saat itu, yaitu automaton.

Gambar  Rossum’s Universal Robot
                Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak mengenal robot, namun pengertian robot tidaklah dipahami secara sama oleh setiap orang. Sebagian membayangkan robot adalah suatu mesin tiruan manusia (humanoid), meski demikian humanoid bukanlah satu-satunya jenis robot.
Untuk memahami pengertian robot kita coba untuk menelusuri pengertian robot dari beberapa sumber.
Pada kamus Webster pengertian robot adalah
An automatic device that performs function ordinarily ascribed to human beings”
Artinya yaitu sebuah alat otomatis yang melakukan fungsi yang biasanya dianggap berasal dari manusia



Dari kamus Oxford diperoleh pengertian robot adalah
A machine capable of carrying out a complex series of actions automatically, especially one programmed by a computer. Artinya yaitu sebuah mesin yang mampu melaksanakan serangkaian kompleks tindakan otomatis, terutama yang diprogram oleh komputer
               
                Pengertian dari Webster mengacu pada pemahaman banyak orang bahwa robot melakukan tugas manusia, sedangkan pengertian dari Oxford lebih umum.

Beberapa organisasi di bidang robot membuat definisi tersendiri. Robot Institute of America memberikan definisi robot sebagai:
A reprogammable multifunctional manipulator designed to move materials, parts, tools or other specialized devices through variable programmed motions for the performance of a variety of tasks”. Artinya yaitu sebuah manipulator multifungsi yang dapat diprogam ulang dan dirancang untuk memindahkan material, suku cadang, alat-alat atau perangkat khusus lainnya melalui gerakan yang diprogram untuk variabel kinerja berbagai tugas

Dari beberapa definisi di atas, kata kunci yang ada yang dapat menerangkan pengertian robot adalah:
1.       dapat memperoleh informasi dari lingkungan (melalui sensor)
2.       dapat diprogram,
3.       dapat melaksanakan beberapa tugas yang berbeda
4.       bekerja secara otomatis
5.       cerdas (intelligent)
6.       digunakan di industry






B.  Jenis-jenis Robot
                1. Robot Mobil (Bergerak) yang bisa berpindah tempat.
                Robot Mobil atau Mobile Robot adalah konstruksi robot yang ciri khasnya adalah mempunyai aktuator berupa roda untuk menggerakkan keseluruhan badan robot tersebut, sehingga robot tersebut dapat melakukan perpindahan posisi dari satu titik ke titik yang lain. Robot mobil ini sangat disukai bagi orang yang mulai mempelajari robot. Hal ini karena membuat robot mobil tidak memerlukan kerja fisik yang berat. Untuk dapat membuat sebuah robot mobile minimal diperlukan pengetahuan tentang mikrokontroler dan sensor-sensor elektro.
                2. Robot Manipulator ( tangan )
                Robot ini banyak memiliki satu tangan seperti tangan manusia yang fungsinya untuk memegang atau memindahkan barang, contoh robot ini adalah robot las di Industri mobil, robot merakit elektronik dll.
                3. Robot Humanoid, yaitu robot yang memiliki kemampuan menyerupai manusia, baik fungsi maupun cara bertindak, contoh robot ini adalah Ashimo yang dikembangkan oleh Honda.
                4. Robot Berkaki, yaitu robot ini memiliki kaki seperti hewan atau manusia, yang mampu melangkah, seperti robot serangga, robot kepiting dll.
                5. Flying Robot (Robot Terbang), yaitu robot yang mampu terbang, robot ini menyerupai pesawat model yang diprogram khusus untuk memonitor keadaan di tanah dari atas, dan juga untuk meneruskan komunikasi.
                6. Under Water Robot (Robot dalam air), yaitu robot ini digunakan di bawah laut untuk memonitor kondisi bawah laut dan juga untuk mengambil sesuatu di bawah laut.






C. Cara Kerja Robot
                Pada dasarnya robot dibuat meniru dari system tubuh kita seperti:
Rangka pada manusia merupkan struktur pada robot
Otot untuk menggerakkan rangka. Robot memiliki aktuator untuk penggerak
Panca indra untuk berkomonikasi dengan lingkungan. Robot memiliki sensor
Energi atau maknan untuk metabolisme tubuh. Robot memiliki daya atau baterai
Otak untuk mengontrol seluruh sistem tubuh. Robot memiliki komputer untuk mengontrol seluruh sistem.

Robot terdiri dari berbagai komponen yang bisa digerakan mirip rangka pada tubuh kita. Untuk menggerakan komponen ini digunakan aktuator. Aktuator dapat berupa motor, selenoid, hidrolik dan pneumatik.


Untuk menggerakan aktuator ini dibutuh daya. Baterai untuk menggerakan motor, pompa untuk mengerkan hidrolik dan angin untuk menggerakan pneumatik.

Aktuator di hubungkan ke sirkuit elektrik. Sirkuit dihubungkan ke motor atau selenoid. Motor dan selenoid akan mengatur gerakan dari sistem hidrolik atau pneumatik dengan jalan memanipulasi sistem katup.


Contoh : Sebuah robot untuk menggerakan tangannya dipasang aktuator dengan sistem hidrolik. Untuk menggerakan tangan keatas maka sirkuit elektrik akan mengirim sinyal ke motor atau selenoid untuk membuka katup yang akan menggerakan lengan robot. Katup terbuka maka fluida yang bertekanan akan mendorong piston dalam aktuator dan menggerakan lengan keatas.

Semua perintah diatas di kontrol oleh komputer yang berfungsi sebagai otak dari robot. Biasanya setiap komputer ini dapat diprogram ulang, sehingga pengguna dapat mengatur berbagai pergerakan yang baru untuk robot dengan cara memasukan program baru ke komputer.

D.   Manfaat Robot
                Seperti yang kita ketahui secara umum, robot itu berfungsi untuk membantu dan
menggantikan kinerja manusia yang membutuhkan ketelitian yang tinggi dan mengurangi bahkan menghilangkan risiko kecelakaan yang cukup tinggi jika manusia melakukan suatu pekerjaan. Jika dijabarkan, robot memiliki beberapa manfaat antara lain :
            ·                      Untuk meningkatkan produksi melalui otomasi di industri
·                      Menciptakan tenaga kerja yang berkinerja tinggi dan dapat bekerja 24 jam
·                      Untuk menjalankan pekerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi
·                       Menggantikan manusia dalam pekerjaan yang bersifat selalu berulang-ulang
·                     Sebagai alat bantu manusia dalam melakukan eksperimen ilmiah di luar angkasa


BAB III
A.      Kesimpulan
                Kesimpulan dari pembahasan diatas bisa dikatakan bahwa robot sangatlah bermanfaat bagi manusia. Manusia bisa memanfaatkan robot untuk mengefektifkan pekerjaan manusia. Untuk masalah cara kerja robot, intinya robot itu hanya merespon rangsangan yang diterimanya dari lingkungan sekitar, maksudnya lingkungan memberikan rangsangan yang akan diterima sensor, kemudian sensor akan mengirim sinyal ke pusat pengolah data dari robot (chip-nya), kemudian chip dari robot memproses rangsangan tersebut kemudian memutuskan komponen mana yang akan bekerja. Komponen yang dipilih chip akan memberikan respon ke lingkungan seolah-olah robot paham dan mengerti rangsangan dari lingkungan.

B.      Saran
                Saran penulis dalam makalah ini adalah kita boleh-boleh saja menggunakan robot untuk membantu kita dalam bekerja dan lain-lain, tetapi jangan terlalu bergantung kepada alat (robot) karena seseorang akan terlihat berharga jika dapat menyelesaikan sesuatu dengan sendirinya.

C.      Penutup
                Penulis meminta maaf sebesar-besarnya jika di dalam makalah ini terdapat kesalahan pengutipan maupun penulisan, karena penulis hanyalah manusia yang sewaktu-waktu bisa salah dan bisa benar. Mohon saran dan kritikannya yang membangun dari pembaca maupun pendengar (jika dipresentasikan) agar kedepannya penulis dapat membuat makalah yang lebih baik lagi.










DAFTAR PUSTAKA

1.       Adjie.  ” Apa Sih Robot Itu?”. http://nugroho.staff.uii.ac.id/2009/02/01/apa-sih-robot-itu/        (diakses pada 28 September 2012)
2.       Fachrudin, Irfan. “Definisi & Kegunaan Robot”. aerobotic5.blogspot.com/2011/03/definisi-        kegunaan-robot_12.html (diakses pada 28 September 2012)
3.       Hadi, Ben. “Beberapa Jenis Robot”. http://aerobotic5.blogspot.com/2011/03/definisi-  kegunaan-robot_12.html (diakses pada 28 September 2012)
4.       Ramadhani, Adinda Essy. “Cara Robot Bekerja” . http://mademoiselle- essy.blogspot.com/2011/12/cara-robot-bekerja.html (diakses pada 28 September          2012)










This Is The Oldest Page


EmoticonEmoticon